Nama lengkap

Persatuan Sepakbola Mitra Kutai Kartanegara

Julukan

Barisan Kukar
Naga Mekes

Didirikan

2003

Stadion

Stadion Madya Tenggarong , Kutai Kartanegara, Indonesia
( Kapasitas : 35.000)

Ketua Umum

Endri Erawan

Sekretaris

Trias Slamet

Bendahara

Aji Ari Junaidi

Manajer

Roni Fauzan

Pelatih

Stefan Hansson

Asisten Pelatih

Sukardi

Dokter Tim

dr. Radjiman

Liga

Liga Super Indonesia

Posisi 2010-2011

Divisi Utama (Peringkat 3)

Situs web

Situs web resmi klub

Kelompok suporter

Mit-Man (Mitra Mania)

Mitra Kutai Kartanegara (disingkat: Mitra Kukar) adalah sebuah klub sepak bolaIndonesia yang bermarkas diKabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Klub ini memiliki julukan sebagai Barisan Kuat dan Kekar dan Naga Mekes, sementara kelompok pendukungnya bernama Mit-Man (Mitra Mania). Seluruh pertandingan kandang Mitra Kukar dimainkan di Stadion Madya Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Cikal bakal Mitra Kukar adalah klub Niac Mitra asal Surabaya yang kemudian dikenal pula dengan sebutan Mitra Surabaya. Ketika Mitra Surabaya terdegradasi ke Divisi Satu Liga Indonesia pada tahun 1999, klub ini dibeli pemilik Barito Putra dariBanjarmasin yakni H. Sulaiman HB dan pindah markas ke ibu kotaKalimantan Tengah,Palangkaraya. Sejak itu Mitra Surabaya berganti nama menjadi Mitra Kalteng Putra (MKP).

Pada tahun 2001, Mitra Kalteng Putra degradasi ke Divisi Dua Liga Indonesia. Kesulitan keuangan yang dialami Mitra Kalteng Putra dalam menjalani roda kompetisi akhirnya membuat klub ini kembali pindah markas keKabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2003 dengan status dipinjamkan.

Mitra Kalteng Putra kemudian berganti nama lagi menjadi Mitra Kukar saat menjalani kompetisi Divisi Dua Liga Indonesia musim 2003 hingga sukses menapak ke kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia pada musim 2004. Status Mitra Kukar secara resmi menjadi milik Kutai Kartanegara setelah klub ini dibeli dari H. Sulaiman HB dengan harga Rp. 1,5 milyar pada tahun 2005.

Mitra Kukar untuk pertama kalinya mengarungi kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia sejak musim 2008. Setelah 3 tahun berlaga di Divisi Utama, Mitra Kukar akhirnya menembus kasta tertinggi Liga Indonesia pada musim 2011/2012 setelah meraih predikat Juara III Divisi Utama Liga Indonesia 2010/2011.

No.

Pos.

Nama

1

GK

Syamsidar

3

DF

Zulkifli Syukur

4

DF

Zulchrizal Abdul Gamal

5

MF

Hendra Ridwan

7

MF

Zulham Zamrun

8

MF

Raphael Maitimo

9

FW

Ahmad Amiruddin

10

FW

Jajang Mulyana

11

MF

Fadhil Sausu

12

MF

Ali Surahman

13

DF

Victor Simon Badawi

14

MF

Arif Suyono

16

FW

Misriadi Didiet

No.

Pos.

Nama

18

MF

Jesse Pinto

19

MF

Ahmad Bustomi ( vice-captain )

21

GK

Joice Sorongan

22

DF

Tigam Alif Farisma

23

DF

Hamka Hamzah ( Captain )

24

MF

Heru Nerly

26

DF

Seftia Hadi

27

DF

Dedi Gusmawan

29

FW

Rahmat Taufik Hidayat

33

MF

Paolo Frangipane

36

GK

Sumardi

77

DF

Rachmat Latief

87

FW

Ilija Spasojević

99

FW

Esteban Herrera

Goalkeeper :

Syamsidar

Penjaga gawang utama Mitra Kukar adalah Syamsidar yang didukung oleh Joice Sorongan serta mantan kiper timnas Sumardi.

Defender :

Hamka Hamzah

Ada sosok teguh Hamka Hamzah di lini pertahanan Mitra Kukar, yang membuat penyerang lawan segan. Selain itu juga ada Zulkifly Syukur dan Rachmat Latief yang pernah mengecap seragam timnas, dan Park Chul Hyung asal Korea yang pindah dari Persegres Gresik United

Midfielder :

Raphael Maitimo

Andalan baru timnas Indonesia yang berasal dari Belanda yaitu Raphael Maitimo menjadi otak serangan Mitra Kukar di tengah. Dia dibantu oleh Arif Suyono, Achmad Bustomi serta pemain Argentina Paolo Frangipane dan pemain Timor Leste Jesse Pinto.

Forward :

Ilija Spasojevic

Pemain asal Montenegro Ilija Spasojevic serta Esteban Herrera dari Argentina menjadi duet yang diharapkan mengisi pundi gol. Selain itu masih ada pemain muda Jajang Mulyana.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Mitra_Kukar

Mitra Kukar

Players List