Senin, 23 September 2013 | 20:53:19 WIB Oleh : Feryna

Arema Selangkah Lagi ke Final Menpora Cup 2013

Arema Selangkah Lagi ke Final Menpora Cup 2013
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Selangkah lagi kaki Arema Indonesia melangkah ke final dan merebut gelar Indonesian International Tournament - Menpora Cup 2013, setelah berhasil melibas Mitra Kukar 4-1 dalam pertandingan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (23/9) malam. Arema memimpin Grup B dengan perolehan 6 poin dengan selisih gol 5-2.

Di peringkat kedua Loyola dengan 3 poin bersama Persepam Madura yang di peringkat ketiga tapi kalah selisih gol dengan tim dari Filipina itu. Mitra Kukar yang merupakan peringkat ketiga Indonesia Super League (ISL) 2012/13 menjadi juru kunci, tak pernah menang dalam dua pertandingan dengan selisih gol 1-6.

Pertandingan berikutnya akan menentukan siapa yang akan menjadi juara Grup B untuk menantang jara Grup A (di Bandung), Arema ataukah Loyola. Arema cukup bermain seri dengan Persepam untuk mendulang 7 poin. Sedangkan Loyola akan lolos jika mampu menang dengan jumlah gol cukup besar, tapi Arema kalah dari Persepam.

Arema Indonesia unggul atas Mitra Kukar 1-0 lewat gol yang diciptakan Christian Gonzales di menit 19, dalam lanjutan Indonesian International Tournament Menpora Cup 2013. Menerima umpan dari Keith Kayamba Gumbs dari sisi kanan lapangan, Gonzales berhasil memenangi perebutan bola dengan kiper Mitra Kukar, Syamsidar. Sundulannya mengoyak jala gawang dengan keras.

Gol itu membuat Aremania yang malam ini hanya memenuhi separuh Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (23/9) langsung bersorak kegirangan.

Kedua tim yang sudah sering bertemu di Indonesia Super League sejak menit pertama sudah saling menyerang. Namun serangan demi serangan kandas. Perlahan Arema menguasai pertandingan, dan memberi tekanan dari dua sisi lapangan.

Hingga menit ke 33 upaya Mitra Kukar membalas gol El Locho belum juga berhasil. Bahkan hampir separuh lapangan dikuasai tim berjulukan Naga Mekes itu. Greg dan Gonzales mundur membantu serangan, sambil menanti peluang melancarkan serangan balik.

Bagi Mitra Kukar, laga ini sangat menentukan langkah mereka di Menpora Cup 2013. Kalah, berarti siap-siap angkat koper, karena pertandingan terakhir menghadapi Loyola sudah tak berpengaruh terhadap hasil yang mereka dapat. Sedangkan jika menang, membuka peluang asal menang atas Loyola, dengan selisih gol lebih baik dari Arema atau Persepam.

Bukannya meyamakan kedudukan dari ketertinggalan 1-0, Mitra Kukar malah menelan pil pahit ketambahan satu gol lagi akibat blunder kipernya, Syamsidar di menit ke-43. Arema Indonesia unggul 2-0 yang tetap bertahan hingga turun minum dalam lanjutan Indonesian International Tournament Menpora Cup 2013, Senin (23/9) di Stadion Kanjuruhan.

Gol bunuh diri yang terbilang cukup unik itu bermula dari perebutan bola di depan kotak penalti antara Edmar Garcia dengan Hamka Hamzah. Kedua melompat, dan bola bergulir ke arah Syamsidar yang sedang mengamati Gonzales di depannya. Syamsidar mencoba menendang bola yang meluncur ke arahnya, tetapi malah membentur tersentuh betisnya. Bola yang terlihat memutar melaju ke dalam gawang yang dijaganya itu.

Blunder Syamsidar yang pernah terpilih sebagai pemain terbaik dalam turnamen di Brunei itu makin menambah berat langkah Mitra Kukar di babak kedua. Gagal membalas dan memenangi pertandingan ini, tim asuhan Stefan Hansson ini harus bersiap angkat koper dari Malang.

Mitra Kukar benar-benar apes malam ini di kandang Arema Indonesia. Memasuki menit 80 masih tertinggal 4-1, setelah sebelumnya tertinggal 4-0 hingga menit 77. Rafael Maitimo berhasil memperkecil kekalahan di menit 77 lewat sepakan kerasnya yang menghujam sisi kanan gawang Arema.

Greg menggiring bola di depan kotak penalti, dikawal tiga pemain belakang Mitra Kukar. Sedikit mengecoh, bergerak ke kanan, ia langsung menendang keras yang mengenai kaki salah satu bek Mitra Kukar, bola berbelok ke sisi kiri gawang. Joice Sorongan yang menggantikan Syamsidar mati langkah.

Sedangkan gol ketiga bagi Arema dicetak Christian Gonzales saat babak kedua belum semenit bergulir. Begitu peluit dibunyikan, gelandang Arema, I Gede Sukadana yang mendapat bola menggiring dari lapangan tengah. Umpannya menelusur tanah ke Christian Gonzales yang berdiri di depan garis penalti. El Locho langsung menyambarnya, dan mengoyak jala gawang Mitra Kukar.

Greg Nwokolo menjadi pencetak gol ke empat itu di menit 64, menjadi gol kedua di babak kedua setelah Cristian Gonzales mencetak gol keduanya di menit ke-45.

Arema memasukkan Viftor Igfonebo di menit ke-62 untuk memperkuat pertahanan, dan empat menit kemudian Gonzales ditarik digantikan Beto Goncalves. Penonton serentak memberi tepuk tangan untuk El Locho yang tetap tajam di usianya yang sudah 37 tahun (Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976). ( gie/syu)