Selasa, 24 September 2013 | 16:25:46 WIB Oleh : Feryna

Dari Madura Naik Motor Demi Persepam

Dari Madura Naik Motor Demi Persepam
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Banyak cara dan bentuk dilakukan oleh para suporter demi mendukung tim kesayangannya berlaga. Tak cuma rela menyisihkan uang saku bagi yang masih pelajar, atau meluangkan waktu pulang kerja untuk datang ke stadion, tapi juga menempuh perjalanan yang tidak dekat demi klub pujaannya.

Seperti saat laga antara Persepam Madura United menghadapi Loyola Meralco Sparks, Senin (23/9) di Stadion Kanjuruhan, Malang yang dimulai pukul 15.30 WIB. Seperti biasa, stadion masih lenggang. Namun, lebih dari seratus pendukung Persepam sudah menduduki bangku penonton. Teriakan dukungan bagi tim berjuluk Sape Kerap ini terus menggema.

Taretan Mania, julukan bagi pendukung Persepam, bukan hanya mereka yang tinggal di Malang dan sekitarnya tapi ada yang datang langsung dari Madura. Tiga pemuda yang dijumpai GarudaSoccer.com saat sedang bersemangat mendukung Persepam yang tampil tidak selincah sebelumnya.

Umam, Krempeng dan Nur namanya. Mereka sudah tiba di Kanjuruhan sejak pukul 14.00 WIB, mengendarai sepeda motor dari Madura selama lima jam dari pukul 09.00 WIB. Biasanya satu rombongan yang berangkat dari Madura terdiri dari 20 orang, ada yang membawa mobil dan juga motor, berjalan beriringan atau bertemu di suatu tempat. Lalu bersama-sama menuju stadion sambil membawa atribut Persepam.

"Kalau Persepam bermain di luar kota, sebisa mungkin terjangkau, saya dan teman-teman akan datang. Kalau di luar Jawa, ya mungkin tak bisa, mbak. Ini soal ongkos dan waktu juga, kan banyak juga yang bekerja," tutur Umam disambut anggukan kepala Krempeng dan Nur.

Indonesian International Tournament - Menpora Cup ini sendiri, ujar Krempeng, merupakan turnamen yang penting dan bermanfaat bagi klub. Hanya jadwal yang terlalu dekat dengan selesainya kompetisi ISL menjadi hambatan tersendiri bagi para pemain dalam hal pemulihan fisiknya. "Tapi ini turnamen yang oke banget, perlu diadakan setiap tahun," tambah Nur. (ines)