Menpora Cup 2013

Djanur terapkan rotasi, Persib tak mau asal-asalan

Gugum Rachmat Gumilar

Rabu, 18 September 2013 − 17:40 WIB
Djanur terapkan rotasi, Persib tak mau asal-asalan
Supardi (kiri) bercanda dengan Maman saat sesi latihan/Irfan Al-Faritsi/Koran Sindo

Sindonews.com - Persib Bandung bisa sedikit bernapas lega dalam mengikuti kompetisi Menpora Cup 2013. Skuad kebanggaan warga Bandung dan Jawa Barat ini tidak akan terlalu banyak kehilangan kekuatan.

Mulanya, Persib dipastikan tampil pincang. Hal itu karena lima pemain utamanya harus absen untuk mengikuti even lain. I Made Wirawan, Tony Sucipto, Supardi, M Ridwan, hingga bomber andalan Sergio van Dijk, terpilih untuk mengikuti laga Perang Bintang Indonesia Super League (ISL) 2013. Penjaga gawang muda Shahar Ginandjar juga masuk skuad Timnas U-23 untuk bertarung di Islamic Solidarity Games (ISG).

Kehilangan para pemain tersebut diprediksi mengikis habis kekuatan Persib. Di bawah mistar gawang saja, skuad berjuluk Pangeran Biru ini harus menampilkan kiper ketiga, Cecep Supriatna. Belum lagi di sektor lain yang nasibnya hampir serupa.

Di sisi lain, lawan yang akan dihadapi di Menpora Cup bukan tim sembarangan. Sriwijaya FC, Timnas Malaysia U23, hingga tim tersukses A-League Australia, Central Coast Mariners siap menyuguhkan permainan terbaik mereka.

Absennya sejumlah pilar memang memberi kesempatan bagi para pemain muda. Termasuk bagi pemain yang selama ini terlalu sering di simpan di bangku cadangan. Namun perombakan formasi secara besar-besaran juga diprediksi berimbas pada stabilitas permainan Persib di kompetisi nanti.

Sebagai jalan keluar, Pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman menarik dua delegasinya di laga Perang Bintang ISL 2013. Mereka adalah duet sektor kanan, Supardi dan M Ridwan.

"Kami akan tampil tanpa sejumlah pemain inti. Tapi Persib sudah mengajukan permohonan pada PT Liga untuk menarik dua pemain. Jadi yang ikut hanya Made, Tony, dan Sergio di Petang Bintang," ucap Djanur.

Dengan hadirnya Supardi dan M Ridwan di Perang Bintang, Djanur mengaku tidak terlalu khawatir dengan kekuatan tim asuhannya. Penerapan rotasi untuk menampilkan pemain muda masih mungkin dilakukan, tanpa merusak stabilitas tim secara keseluruhan.

"Memang para pemain yang absen ini adalah pilar utama kami. Tapi saya sudah siapkan pengganti. Jadi tidak akan terlalu berdampak pada kekuatan tim," ucap pemain Persib era 1980-an ini.

Meski menjamin stabilitas Atep dkk, Djanur menyebut tidak ada target apa pun dalam mengarungi kompetisi Menpora Cup. Dia mengaku, belum ada instruksi khusus dari manajemen ataupun PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) terkait pencapaian akhir turnamen ini.

"Kami belum membicarakan soal target. Saya belum bertemu manajemen. Mungkin nanti menyusul. Yang jelas para pemain sudah siap mengikuti Menpora Cup," pungkas Djanur.

Di fase grup, Persib akan memulai kompetisi dengan menghadapi Timnas Malaysia U-23 pada besok. Setelah itu melawan Sriwijaya FC, Minggu (22/9); dan The Mariners -julukan Central Coast Mariners- pada Selasa (24/9). Semua pertandingan di grup A digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

(aww)

Source : http://soccer.sindonews.com/read/2013/09/18/58/784697/djanur-terapkan-rotasi-persib-tak-mau-asal-asalan