Sabtu, 28 September 2013 | 18:53:54 WIB Oleh : Feryna

Fakta Menarik Arema dan The Mariners

Fakta Menarik Arema dan The Mariners
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Arema Indonesia dan Central Coast Mariners, yang keduanya akan bertempur dalam final turnamen Menpora Cup 2013, Minggu (29/9) di Stadion Kanjuruhan, Malang. Juara dari turnamen ini akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 750 Juta, sedangkan runner-up sepertiganya, Rp 250 Juta.

Keduanya belum pernah bertemu, karena sudah lama memang tak ada turnamen sepakbola berskala internasional di Indonesia. Nama CCM, yang dikenal dengan julukan The Mariners pun kurang terdengar. Klub Australia yang akrab di telinga masyarakat penggila sepakbola Indonesia adalah Brisbane Roar yang dimiliki pengusaha Nirwan Bakrie, dan Adelaide United (mantan klub striker Persib Bandung, Sergio van Dijk).

Kini Arema bertemu dengan The Mariners dalam turnamen Menpora Cup 2013 yang juga baru pertama kali diadakan. Keduanya keluar sebagai juara di grupnya masing-masing. Mariners memuncaki Grup A yang berlangsung di Bandung, sedang Arema juara di Grup B yang penyisihannya di Malang.

Namun, ada yang menarik dari perjalanan kedua tim ini hingga bersua dalam final ini. Beberapa hal itu adalah :

1. Arema dan The Mariners menjadi juara dengan hasil draw di akhir penyisihan menghadapi lawannya masing-masing. Arema bermain imbang 2-2 melawan Persepam Madura United, sedangkan The Mariners draw 3-3 dengan Persib Bandung.

2. Keduanya sama-sama mengoleksi 7 poin dari hasil dua kali menang dan sekali imbang.

3. Di babak final, Arema yang runner up ISL dan The Mariners yang juara Liga Australia (A-Australia) dipimpin Asisten Pelatih, (Joko Susilo dari Arema dan Phil Moss dari CCM). Pelatih Arema, Rahamad Darmawan menjadi pelatih timnas U-23 yang berlaga di Islamic Solidarity Games, sedang Graham Arnold tak ikut ke Malang karena memimpin CCM menghadapi Newcastle Jets dari Selandia Baru.

4. Baik Joko Susilo maupun Phil Moss belum pernah memimpin timnya ke final dan mencetak sejarah meraih tropi suatu turnamen.

5. Kedua tim punya selisih gol yang sama yakni memasukkan 7 dan kemasukan 3 gol. (gie)