Selasa, 24 September 2013 | 20:12:05 WIB Oleh : yuliana

Gubernur Aher Sesalkan Kerusuhan Antar Suporter

Gubernur Aher Sesalkan Kerusuhan Antar Suporter
© chan/GarudaSoccer

GarudaSoccer.com - Aksi saling serang dan lempar botol antar suporter Persib Bandung terjadi di tribun Utara pada jeda turun minum laga antara Persib Bandung melawan Central Coast Mariners di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Selasa (24/9). Kerusuhan yang terjadi dalam pertandingan yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ini untungnya tak berlangsung lama setelah aparat sigap mencegah tawuran berlanjut.

"Kejadian ini sangat memalukan dan seharusnya suporter fokus mensuport tim Persib, bukan malah berantem. Inikan pertandingan International, bikin malu saja," komentar Gubernur Aher, panggilan akrab Ahmad Heryawan kepada GarudaSoccer.com di tribun VVIP.

Kerusuhan ini sendiri sebenarnya sudah terendus oleh panpel sejak siang. Namun, setelah pertandingan berjalan 45 menit, ancaman kerusuhan tersebut tidak terbukti. Saat aparat sedikit lengah dan begitu peluit tanda babak pertama dibunyikan, kerusuhan antar suporter pecah.

Dari keterangan beberapa saksi mata, kerusuhan ini terjadi akibat dendam lama antara Holigan (sebutan suporter aliran garis keras) dengan Suporter Casual yang selalu berpakaian casual tanpa atribut. Beberapa suporter sempat loncat pagar tribun Utara. Bahkan, beberapa suporter tampak ditandu oleh petugas.

"Iya mas, ini sebenarnya dendam lama antara mereka," tutur salah satu anggota Viking yang tidak mau disebutkan namanya (dnl)