Selasa, 24 September 2013 | 17:40:04 WIB Oleh : yuliana

Harimau Malaya Bungkam Sriwijaya FC, 4-2

Harimau Malaya Bungkam Sriwijaya FC, 4-2
© Akhai/GarudaSoccer

GarudaSoccer.com - Malaysia U-23 berhasil meraih kemenangan 4-2 atas Sriwijaya FC, dalam laga lanjutan Indonesian International Tournament Menpora Cup, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (24/9).

Sejak menit awal babak pertama, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Beberapa peluang Sriwijaya FC melalui duet Striker Alan Martha dan Herman Dzumafo tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Namun melalui serangan balik yang dilakukan Malaysia U-23, tim asuhan Ong Kim Swee tersebut berhasil merubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Malaysia U-23 melalui pemain bernomor punggung 9, Jhamil Arasu, di menit ke-12.

Sriwijaya FC akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit 25. Alan Martha berhasil menyamakan kedudukan dengan memanfaatkan umpan Tantan dari sisi kiri pertahanan Malaysia U-23, skor pun berubah menjadi 1-1.

Setelah terjadinya gol Alan Martha, Malaysia U-23 menaikkan tempo serangan dan beberapa kali duet striker Jhamil Arasu dan Saiful Ridzuwan berhasil membahayakan pertahanan Sriwijaya FC namun selalu gagal dalam memanfaatkan peluang.

Pertandingan kali ini pun diwarnai aksi gol cantik pada menit ke-35. Saaruindran yang berposisi sebagai sayap kanan ini. Skor pun berubah untuk keunggulan Malaysia U-23 menjadi 2-1.

Sriwijaya baru bisa menyamakan kedudukan di akhir babak pertama, pada menit 43. Tantan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, melalui aksi solo run dan mengecoh kiper Sriwijaya FC. skor pun sama kuat menjadi 2-2.

Babak kedua, Malaysia U-23 sejak menit awal bisa memegang kendali permainan dengan merubah strategi menyerang. Terbukti, Rozaimi bisa memborong 2 gol, masing-masing di menit 53 dan 55. Skor pun menjadi 4-2 untuk keunggulan Malaysia U-23. Hingga peluit akhir ditiup wasit, skor 4-2 untuk kemenangan Malaysia U-23 pun tidak berubah.

Kedua pelatih, Subangkit dan Ong Kim Swee, mengeluhkan kondisi kelelahan yang dialami para pemainnya. Namun, keduanya mengaku puas dengan penampilan pasukannya.

"Pemain kelelahan tetapi berusaha tampil maksimal. Ada pelajaran bagus dalam mengikuti Piala Menpora ini," ujar Ong Kim Swee dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

Pelatih yang akan mengusung 30 pasukannya berlaga ke Timur Tengah ini menambahkan, ajang IIT menjadi bekal yang bagus untuk kesiapan pasukan menyambut SEA Games Myanmar. Bahkan, ajang ini bisa menjadi acuan untuk melakukan seleksi pemain.

Terpisah, pelatih Sriwijaya FC Subangkit mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya kendati kalah. Sama halnya dengan Ong, ajang Menpora Cup juga akan dipakai sebagai evaluasi menuju penampilan selanjutnya. Terutama sebagai persiapan menyambut gelaran ISL musim mendatang.

"Harus tampil tiga kali dalam enam hari tentu sangat melelahkan bagi pemain. Tetapi, hasil ini bagus untuk seleksi para pemain junior yang akan menuju ke jenjang senior. Mereka akan diseleksi masuk skuad utama," jelas Subangkit.

Subangkit yakin penampilan Sriwijaya FC akan makin meningkat musim mendatang dengan makin matangnya para pemain muda. "Itulah sebabnya saya banyak melibatkan pemain-pemain usia 21 pada Menpora Cup kali ini," lanjut Subangkit. (chan/dg/dnl)