Senin, 16 September 2013 | 14:54:02 WIB Oleh : Feryna

Jacksen F.Tiago : Tingkatkan Level Permainan dan Infrastruktur Stadion

Jacksen F.Tiago : Tingkatkan Level Permainan dan Infrastruktur Stadion
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com – Indonesian International Tournament (IIT) Menpora Cup bagi pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F.Tiago punya manfaat yang akan lebih luas bagi persepakbolaan Indonesia. Namun yang perlu dipikirkan ke depan adalah jadwal yang terkoordinir dengan PSSI, agar klub-klub dalam negeri yang punya agenda lain dapat menyesuaikannya dan bisa ikut di turnamen ini.


"Harapan utama saya, turnamen ini menjadi bagian dari kalender PSSI rutin. Karena kami perlu melakukan uji coba dengan klub luar negeri , supaya klub-klub Indonesia bisa meningkatkan level permainan dan infrastruktur stadion-stadion di Indonesia,"ujarnya saat dihubungi GarudaSoccer.com melalui telepon selulernya baru-baru ini.


Jacksen yang juga pelatih Persipura Jaya dan mengantar klubya menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2012/13 sedang berlibur ke negara asalnya, Brasil. "Papi Negro", panggilan akrabnya baru akan kembali ke Indonesia pada 20 September ini, untuk segera mempersiapkan timnas berlatih menghadapi pertandingan Piala Asia melawan Cina pertengahan Oktober mendatang.


"Menurut saya, dengan mendatangkan 3 klub luar negeri ini sudah menjadi suatu sukses luar biasa. Mungkin yang perlu dipikirkan ke depan adalah jadwal yang terkoordinir dengan PSSI. Contohnya, Persipura tidak bisa tampil karena bentrok dengan jadwal Perang Bintang," kata Jacksen yang menyesalkan klubnya tidak bisa ikut turnamen ini.


Begitu juga dengan Semen Padang yang akan tampil di ajang Piala AFC sebentar lagi mestinya memanfaatkan Piala Menpora sebagai persiapan untuk menghadapi East Bengal.


"Akan menarik, katanya, juara IPL bertemu juara ISL, atau kami mencoba kemampuan berhadapan dengan tim-tim asing,"tambahnya.


Bagi Jacksen, merupakan paduan yang tepat adanya Piala Presiden yang digelar di awal kompetisi untuk diperebutkan di ISL, dan di akhir kompetisi ditutup dengan Piala Menpora. "Makanya saya salut atas inisiatif ini," ujarnya.

Ditanya tentang harapannya yang lain terkait turnamen ini, Jacksen berharap adanya Piala Menpora ini bisa menjadi inspirasi buat PSSI untuk menggelar turnamen-turnamen yang bertaraf internasional bagi Timnas maupun di level klub di masa yang akan datang. (gie)

Source : http://www.garudasoccer.com/artikel-4732-jacksen-ftiago--tingkatkan-level-permainan-dan-infrastruktur-stadion