Selasa, 24 September 2013 | 20:59:05 WIB Oleh : yuliana

Lawan Mariners: Persib Tertinggal, Mengejar dan Tersisih

Lawan Mariners: Persib Tertinggal, Mengejar dan Tersisih
© Eko/GarudaSoccer.com

GarudaSoccers - Perjuangan Persib Bandung dibilang luar biasa saat menghadapi juara Liga Australia, Central Coast Mariners pada pertandingan akhir penyisihan Grup A Turnamen Sepakbola Internasional Piala Menpora 2013 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (24/9) malam. Bayangkan, sempat tertinggal 0-1, 1-1, 1-2, 2-2, 2-3 dan akhirnya mampu mengejar hingga menyamakan kedudukan 3-3.

Namun sayang usaha keras dan hasil perjuangan Persib itu tidak mampu menyelamatkan nasibnya untuk lolos putaran final. Pasalnya dengan hasil imbang itu maka Mariners yang berhak meraih tiket ke final untuk menghadapi juara Grup B yang dimainkan di Malang, Jawa Timur.

Mendapat tambahan satu nilai, Mariners tetap kokoh di puncak klasemen dengan nilai tujuh. Mariners sebelumnya menang dua kali atas Sriwijaya FC dan Timnas Malaysia U-23. Nilai ini tidak mungkin dikejar Persib yang maksimal hanya meraih lima nilai karena sebelumnya sempat ditahan Timnas Malaysia U-23 dan menang atas Sriwijaya FC.

Hasil itu membuat Persib harus menerima kenyataan tersisih......

Menarik

Central Coast Mariners (CCM) langsung menggebrak pada laga penentuan Grup A Indonesian International Tournament (IIT) Menpora Cup 2013. Hanya berselang dua menit sejak peluit dibunyikan gol tercipta melalui kaki pemain bernomor punggung 11, Nick Fitzgerald.

Enam menit berikutnya, Persib menyamakan kedudukan 1-1 melalui pemain asal Jepang, Kenji Adachihara. Kedudukan imbang 1-1 membuat laga makin panas. Para Bobotoh pun makin panas. Nyanyian dan tetabuhan tak henti mereka lagukan. Hasilnya, Maung Bandung makin 'menggila' dan merepotkan pasukan dari Aussie.

Aksi fantastis diperagakan Mbida Messi. Dari jarak lebih dari 40 meter, pemain bernomor punggung 80 tersebut melesakkan gol ke gawang Justin Pasfield. Stadion Si Jalak Harupat pun 'meledak'.

Sayang, pada menit ke-18 pemain bernomor punggung 10, Marcos Flores, kembali membuat kedudukan imbang 2-2. Flores menambah keunggulan The Mariners menjadi 3 -2 pada menit ke-38. Kedudukan ini bertahan hingga turun minum

Pertarungan kedua tim berlangsung menarik hingga pertandingan berakhir. Memasuki babak kedua, Persib Bandung langsung menggencarkan serangan. Hilton Moreira sempat membuat peluang dimenit-menit awal babak kedua, namun tendangannya tidak tepat sasaran.

Mbida messi menerima kartu kuning dimenit 55 setelah ia menjatuhkan Nick F, sang pengadil lapangan M Adung langsung memberikan kartu untuk pencetak gol pertama kubu Maung Bandung tersebut.

Dimenit 60, kedua tim memasukkan pemain pengganti. Dari Persib Bandung, Maman Abdurrahman masuk menggantikan Aang Suparman. Sedangkan CCM, Zac Anderson keluar lalu diganti oleh Marcel Seip.

Sial bagi Persib Bandung, penyerang andalannya SVD terpaksa ditandu keluar lapangan setelah ia merasa kesakitan, dengan terpaksa SVD digantikan oleh Sigit hermawan pada menit 71.

Pelatih CCM, juga mengganti pemainnya dimenit yang sama, Graham Arnold memasukkan Michel Mc'Glinchey menggantikan Mitchell Duke.

Untuk mengatasi keletihan pemainnya, Djanur harus merotasi komposisi pemainnya. Firman Utina dan Jajang Sukmara dimasukkan menggantikan Atep dan Agung Pribadi pada menit 73 demi mengejar devisit gol. Lima menit kemudian, Kenji juga dikeluarkan dan digantikan Airlangga Sucipto.

Celaka bagi CCM, Marcos Flores terpaksa menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Mbida Messi dimenit 80.

Sang penjaga gawang CCM, Justin menerima kartu kuning dimenit 82 karena sang wasit melihat sang kiper mengulur-ngulur waktu.

Memasuki masa injury time, Persib Bandung memiliki peluang lewat Hariono, namun bola yang ditendang Hariono mengenai mistar gawang, sehingga CCM terselamatkan.

Serangan demi serangan, Firman Utina dkk akhirnya mampu menghasilkan gol melalui Hilton Moreira pada masa injury time menjadi 3-3.

Gol dari Hilton Moreira tersebut tidak mampu menggantarkan satu tempat dipartai final yang akan diberlangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang (29/9/2013). (Eko/Dnl)