Senin, 23 September 2013 | 17:24:49 WIB Oleh : Feryna

Loyola Bantai Persepam, Kartu Merah Untuk James Younghusband

Loyola Bantai Persepam, Kartu Merah Untuk James Younghusband
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Loyola Meralco Sparks tak lagi "loyo", dan berhasil menekuk Persepam Madura United dengan skor 3-1. Sayangnya kemenangan ini dinodai dengan dikeluarkannya sang kapten, James Younghusband di menit 87 oleh wasit Prasetyo Hadi.

Mengawali pertandingan, kedua tim bermain agresif dan menghadirkan permainan menarik. Gol pertama dicetak Lee, penyerang Loyola di menit ke-18. Dua menit kemudian Persepam membalasnya lewat pemain belakang, Denny Rumba.

Setelah kedudukan 1-1, dua tim saling serang dan menghadirkan pertandingan yang menarik. Persepam kurang bermain kolektif dan taktis seperti saat menghadapi Mitra Kukar. Sebaliknya, Loyola lebih menampilkan permainan menyerang, dan menguasai lapangan tengah. James beberapa kali membahayakan pertahanan Persepam lewat kelincahannya di sisi kiri lapangan.

Mendekati babak pertama usai, Loyola mendapat hadiah tendangan sudut. Bola lambung di depan mulut gawang berhasil disundul dengan sempurna oleh James Younghusband, untuk membuat timnya unggul sementara 2-1 atas Persepam.

Memasuki babak kedua, Loyola dan Persepam langsung tancap gas. Saling serang, dan permainan memanas dengan beberapa kali benturan cukup keras. Baru berjalan tiga menit, gelandang Persepam Khoirul Mashuda dihadiahi kartu kuning.

Loyola menambah keunggulannya di babak kedua setelah pemain belakang Persepam, Fachrudin menceploskan bola ke gawangnya sendiri di menit ke-54 Kedudukan berubah menjadi 3-1. Bunuh diri ini bermula dari tendangan sudut oleh Park, dan Fachrudin yang mencoba menghalau bola malah menyundul ke ke dalam gawangnya sendiri.

Ketinggalan 3-1 sejak menit 54 tidak berhasil dikejar oleh Persepam, yang tak membaik permainannya. Bahkan penampilan tim asuhan Daniel Roekito tampil buruk dibanding saat mengalahkan Mitra Kukar 2-0, Sabtu (21/9) lalu.

Bukannya malah memperbaiki permainan dengan serangan yang efektif dan kolektif, pemain Persepam malah bermain keras. Benturan yang terjadi, yang kadang membuat pemain bersitegang membuat pendukung Persepam berteriak, meski tak menjurus pada saling dorong. Loyola tetap bermain tenang, sambil memperkuat pertahanan untuk menjaga keunggulannya.

Hingga menit ke 60, upaya Persepam untuk mengejar ketertinggalannya masih belum berhasil, meski sudah memasukkan penyerang Zaenal Arif.

Mendekati akhir pertandingan, tepatnya di menit 87, saat terjadi pelanggaran, penyerang Loyola, Park membawa bola. Pemain Persepam tampak kesal dan mendorong Park, membuat keduanya saling mendekat dan tampak adu mulut. Di tengah situasi itu, James Younghusband mendekat, dan seperti mengeluarkan kata-kata kasar yang membuat wasit mengeluarkan kartu kuning kedua. James yang di luar pertandingan ramah, akhirnya harus keluar lapangan.

Kemenangan ini masih membuka peluang bagi Loyola untuk menjuarai Grup B, asal di partai terakhir Rabu (25/9) nanti mampu menundukkan Mitra Kukar, dan unggul selisih gol dari Arema yang hingga berita ini diturunkan akan menghadapi Naga Mekes itu. (gie)