Rabu, 18 September 2013 | 22:36 WIB

Piala Menpora 2013 Siap Digelar di Bandung

Piala Menpora 2013 Siap Digelar di Bandung

Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Sabtu (18/9). TEMPO/Aditya Herlambang Putra

TEMPO.CO , Bandung--Turnamen sepak bola Indonesian International Tournament Menpora Cup 20013 siap digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, mulai Jumat petang 20 September 2013. Babak pertandingan grup A memperebutkan Piala Menpora ini diikuti Persib Bandung, Tim Nasional Malaysia U-23, Sriwijaya FC, dan juara Australia League, Central Coast Mariners.


Selain di Bandung, ajang yang sama juga bakal digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang mulai Sabtu 21 September untukpertandingan grup B. Pesertanya adalah Mitra Kukar, Persepam United, tuan rumah Arema Indonesia, dan pemegang peringkat ketiga Liga Filipina, Loyola Meralco Sparks.

Ketua Panitia Penyelenggara Menpora Cup, M Zein, mengatakan, turnamen digelar agar klub-klub tanah air bisa melakukan uji-coba pertandingan dengan tim luar negeri. "Dengan harapan nantinya klub-klub tanah air bisa tampil lebih baik di ajang internasional seperti AFF dan AFC,"ujar dia saat jumpa pers di Hotel Papandayan, Bandung, Rabu 18 September 2013.

Kejuaraan dengan peserta 8 tim dalam dan luar negeri ini bakal dihelat dengan sistem setengah kompetisi. "Juara grup A dan B bertemu di final pada 29 September. Rencananya final akan digelar di Malang,"ujar dia saat jumpa pers di Hotel Papandayan, Bandung, Rabu 18 September 2013.

Zein menjelaskan, panitia sengaja memilih Bandung dan Malang sebagai lokasi turnamen karena kedua daerah selama ini dikenal sebagai barometer sepakbola di Pulau Jawa. "Bandung dan Persib-nya sebagai kiblat sepakbola di bagian barat Pulau Jawa. Malang dengan Arema sebagai kiblat di Jawa bagian timur,"kata dia.

Zein juga mengaku pihaknya sudah mengajak sejumlah klub lain baik dari ajang Liga Super (ISL) Indonesia maupun Liga Primer Indonesia (IPL). Namun klub-klub tersebut, kata dia, tidak siap. "Kami sudah mengundang juara IPL Semen Padang. Namun Semen Padang kan sibuk di AFC (kompetisis Piala Konfederasi Asia),"kilah dia.

Manajer Persib Umuh Muhtar bersyukur perandingan grup A Menpora Cup kali ini digelar di Bandung. Ia pun memastikan Maung Bandung siap meladeni tantangan semua tim lawan meski pada laga pembuka tak bisa diperkuat Sergio Van Dijk, kiper Made Wirawan, dan bek Toni Sucipto.

"Mereka harus ikut persiapan pertandingan perang bintang ISL. Tapi kami optimistis lah, meskipun ada klub dari Australia. Tapi lawan berat kan ada dimana saja. Jadi kalau kemarin tidak bisa jadi juara ISL, mudah-mudahan Persib jadi juara Piala Menpora,"kata dia.

Pelatih Mariners, Graham Arnold pun memastikan kesiapan anak-anak asuhannya di Piala Menpora. "Kami tak perna meremehkan klub-klub dan tim dari Asia Tenggara. Saya juga menyimak kompetisi ISL dan IPL yang klub-klub pesertanya saya lihat semakin kuat. Kami harus tampil lebih konsentrasi nanti,"kata dia.

Berikut jadwal laga pembukaan Piala Menpora di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (A) pada 20 September dan Stadion Kanjuruhan, Malang (B) pada 21 September:
Grup A
Persib Bandung versus Tim Nasional Malaysia U-23 pada pukul 15.30 WIB.
Sriwijaya FC versus Central Coast Mariners pada pukul 18.30 WIB

Grup B
Mitra Kukar versus Persepam Madura United pada 15.30 WIB.
Arema Indonesia versus Loyola Meralco Sparks, pukul 18.30 WIB

ERICK P. HARDI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/18/099514625/Piala-Menpora-2013-Siap-Digelar-di-Bandung