Press Release

Turnamen Sepakbola Internasional Memperebutkan Piala Menpora 213

Sebuah turnamen berskala internasional cukup lama menghilang dan tidak dapat lagi dinikmati oleh masyarakat. Klub-klub ternama yang datang belakangan ini hanya menjadi lawan tanding tim nasional, dan tidak bisa dijajal oleh klub dalam negeri karena tak adanya wadah berupa turnamen.

Turnamen internasional (Indonesian International Tournament) memperebutkan Piala Menpora 2013 yang diselenggarakan oleh PT Gelora Garuda Indonesia, yang

juga bergerak di bidang media lewat portal www.garudasoccer.com, mencoba menghadirkan panggung bagi klub-klub dalam negeri untuk bertanding dengan klub dan tim luar negeri. Turnamen ini diselenggarakan dalam rangka perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas), yang selama ini belum menghadirkan suatu kegiatan sepakbola yang bertaraf internasional.


Selain itu, turnamen yang memperebutkan Piala Menpora ini juga ingin memberikan suatu sumbangan kecil bagi tim nasional U-23 yang dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2013 di Thailand. Timnas U-23 telah diundang untuk berpartisipasi dalam turnamen ini, dengan harapan dapat terbentuk suatu tim matang, dengan memiliki pengalaman tanding memadai. Namun, timnas U-23 Indonesia tidak bisa berpartisipasi karena adanya jadwal yang berbenturan dengan penyelenggaraan International Solidarity Games (ISG) di Palembang.

Turnamen ini semula akan berlangsung pada tanggal 12-18 September 2013 di dua kota yakni Bandung dan Malang, diikuti oleh 8 tim yang terdiri dari 6 tim peserta kompetisi Indonesian Super League (ISL) dan 2 tim dari A-League (Liga Australia). Namun, adanya pengunduran jadwal pertandingan ISL sangat berpengaruh, sehingga terjadi perubahan sehingga turnamen ini diundur menjadi 20 – 28 September 2013.

Pengunduran ini juga membawa perubahan pada peserta even, meski jumlah peserta (8 tim) dan lokasi pertandingan tetap (di Bandung dan Malang). Peserta turnamen kali ini terdiri dari klub ISL, A-League, United Football League (Liga Filipina) dan Timnas U-23 Malaysia. Total hadiah yang disediakan sebesar Rp 1 miliar.

"Kami bersyukur mendapat kepercayaan dan dukungan dari Menpora, Roy Suryo dan MNCTV sehingga turnamen ini dapat terselenggara, meski mengalami pengunduran jadwal. Semoga turnamen ini memberi manfaat bagi klub-klub dalam negeri, dan membuat para pemain kita lebih matang,"ujar Direktur Utama PT Gelora Garuda Indonesia, Muhammad Zein.

Pertandingan-pertandingan yang akan dilangsung di Stadion Jalak Harupat, Bandung dan Stadion Kanjuruhan, Malang ini akan disiarkan oleh MNCTV, yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap pengembangan persepakbolaan nasional.

Menurut Managing Director MNCTV, Nana Putra, penayangan program 'Indonesian International Tournament 2013' merupakan bukti dukungan MNCTV terhadap upaya pengembangan olah raga khususnya persepakbolaan di tanah air. Seperti halnya juga berbagai tayangan pertandingan liga maupun mendatangkan pemain atua klub ternama, diharapkan memberi sumbangan bagi persepakbolaan tanah air untuk dapat makin berkembang dan berprestasi. ***

Peserta Turnamen

Grup A – Bandung

Grup B – Malang

Persib Bandung

Arema Indonesia

Central Cost Mariners

Loyola Meralco Sparks FC

Sriwijaya FC

Mitra Kukar

Tim Nasional U-23 Malaysia

Persepam Madura