Jumat, 20 September 2013 | 17:10:39 WIB Oleh : Feryna

Roy Suryo : Turnamen Menpora Cup Milik Bersama

Roy Suryo : Turnamen Menpora Cup Milik Bersama
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Terhitung hanya satu tahun menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo bertekad meninggalkan jejak yang melegenda. Turnamen sepakbola internasional memperebutkan Piala Menpora (Menpora Cup) 2013 adalah buktinya.


"Awalnya diusulkan turnamen ini bertajuk RS Cup. RS tidak usahlah saya sebutkan siapa, dan saya tidak mau," tegas Menpora Roy Suryo dalam pembukaan Indonesian International Tournament (IIT) memperebutkan Menpora Cub di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Jumat (20/9) sore.


Roy menginginnkan turnamen ini bisa dilanjutkan oleh Menpora berikutnya. Bahkan menjadi turnamen yang melegenda di masa depan.


"Jadi turnamen ini akan terus berkaitan dengan lembaga, bukan sosok," tandas Roy.


Kerinduan akan hadirnya kembali turnamen berskala internasional adalah alasan lain bagi laki-laki pemilik berbagai hobi ini untuk menggagas turnamen sepakbola Menpora Cup. Bukan tidak mungkin klub-klub bergengsi akan turut di dalamnya. Selain itu, hadirnya turnamen ini diharapkan akan makin meningkatkan wawasan pertandingan.


"Bersama PSSI, kami terus berupaya untuk itu," tegas Roy Suryo yang tampil kasual dalam balutan t-shirt warna biru dan mengenakan pengikat kepala bermotif batik warna coklat -- oleh masyarakat Sunda disebut 'iket'-- Roy membuka turnamen pada pukul 15.00 WIB. Secara simbolis ia menyerahkan trofi turnamen kepada ketua penyelenggara, Muhammad Zein.


Setelah turnamen dibuka, dua tim yang bertanding pertama pun masuk ke lapangan. Saat berita ini diturunkan sedang berlangsung duel klub Australia, Central Coast Mariners, melawan Sriwijaya FC. Setelah itu, pertandingan kedua adalah Persib Bandung melawan timnas Malaysia U-23.


Keempat tim tersebut tergabung di Grup A. Sedangkan Grup B digelar di Stadion Kanjuruhan, Batu, Kabupaten Malang, dengan kontestan Arema Indonesia, Persepam Madura United, Mitra Kukar, dan Loyola Meralco Sparks. (yuli)