Kamis, 19 September 2013 | 07:36:03 WIB Oleh : Feryna

Sriwijaya Realistis Di Menpora Cup

Sriwijaya Realistis Di Menpora Cup
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com - Tim yang satu ini bukan hanya tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri, tapi juga akan memulai laga di Indonesian International Tournament (IIT) - Menpora Cup 2013 dengan skuad yang tak lengkap. Sriwijaya FC (SFC) datang dengan hanya membawa 15 pemain, karena tiga pilarnya terlibat dalam even lain.


SFC baru saja menelan kekalahan pahit, kalah telak 1-6 dari Barito Putra. Mahkotanya sebagai juara ISL 2011/12 juga dikudeta Persipura, dan di akhir kompetisi SFC akhirnya duduk di peringkat 5. "Dibalik hasil ini ada sebuah hikmah yang dapat dipetik. Pemain muda yang mendominasi starting eleven mendapat pengalaman," kata manajer SFC, Robert Heri.


Di Menpora Cup, SFC mengawali pertandingan tanpa diperkuat Diego Michiels dan Ramdani Lestaluhu yang bergabung dengan Timnas U-23 di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Palembang pada 19-29 September mendatang. Sedangkan Tantan Dzalikha, harus bersama tim All-Star ISL, yang diproyeksikan menghadapi juara ISL 2013 Persipura Jayapura, dalam ajang Perang Bintang di Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada 21 September 2013 mendatang.


Maka, realistis saja manajemen SFC tak pasang target apa-apa dalam turnamen yang diselenggarakan PT Gelora Garuda Indonesia ini. Apalagi mengingat lawan yang bakal dihadapi merupakan tim-tim kuat baik dari tanah air, maupun dari luar.


Menurut caretaker SFC Subangkit, setelah mereka menghadapi Barito Putra pada Rabu (18/9), seluruh penggawa SFC langsung menuju Bandung. ''Setelah istirahat sejenak, kami langsung menuju ke Bandung. Karena sisa waktu yang kami miliki untuk persiapan tim sangat sedikit, jadi kami harus segera sampai dan istirahat lagi sebentar," katanya.

Menurut Subangkit yang mantan pelatih Persiwa Wamena ini, skuadnya memang hanya 18 pemain, gabungan antara senoior dan yunior. Ini merupakan tantangan tersendiri baginya, untuk memaksimalkan kekuatan yang ada menghadapi tim-tim besar di Menpora Cup.

"Kita realistis saja dengan skuad seperti ini, tentu akan sulit menghadapi tim-tim sekelas Persib dan tim-tim luar dari Australia," kata Subangkit yang disebut-sebut akan menjadi pelatih baru SFC di musim mendatang.


Pada ajang Menpora Cup, Laskar Wong Kito akan menjajal kekuatan tim asal Australia, CC Mariners, pada hari Minggu (22/9) nanti. Kemudian, dilanjutkan dengan menghadapi Persib Bandung pada 24 September dan Timnas Malaysia U-23 pada 26 September 2013. (fe)