Sabtu, 21 September 2013 | 10:07:54 WIB Oleh : Feryna

Viking Fanshop, Kreativitas Bisnis Dari Bandung

Viking Fanshop, Kreativitas Bisnis Dari Bandung
© GarudaSoccer.com

GarudaSoccer.com – Pembukaan turnamen Menpora Cup 2013 di kota kembang Bandung ternyata membawa rejeki bagi sebagian warga. Pedagang asli, dan yang dadakan, sangat antusias menyambut pergelaran ini.


Di pintu masuk area stadion sampai ke halaman stadion, tampak ratusan pedagang yang sudah menggelar barang dagangannya, seperti sebarisan penyambut tamu yang siap melayani dengan keramahan khas Jawa Barat.


Beragam dagangan yang dijajakan. Dari mulai jersey klub peserta, bendera, syal, terompet dan lain-lain.


Salah satu yang menarik perhatian adalah pedagang jersey dari Komunitas Suporter Persib , yang menggelar dagangannya dalam sebuah Buko (bus toko) bernama Viking Fanshop.


Pengelola sekaligus ketua komunitas tersebut, Abel mengatakan, toko kelilingnya itu sudah beroperasi sejak 2009.


"Kita sudah mulai jualan keliling dengan bus ini sejak 2009, sedangkan produksinya sudah mulai 1996. Kita hanya menjual produk-produk ori (original – red)," ujar Abel saat ditemui GarudaSoccer.com , Jumat (20/9) sebelum pembukaan turnamen dimulai di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.


Even besar seperti turnamen Menpora Cup 2013 menjadi salah satu sumber penghasilan yang selalu diharapkan. Rata-rata dalam even besar ini mereka mampu meraih penjualan Rp 25 juta setiap harinya.


"Kalau acara seperti ini, mas, biasanya Rp 20-25 Juta per hari. Sedang kalau acaranya pertandingan biasa, ya paling Rp 5 Juta setiap harinya. Ya mudah-mudahan Menpora Cup ini jadi ramai, sehingga kami juga kecipratan rejeki," ujar Abel sambil tersenyum lebar. (dnl)