Nama lengkap Persatuan Sepak Bola
Indonesia Bandung
Julukan Maung Bandung
Pangeran Biru
Didirikan 14 Maret 1933
Stadion Stadion Gelora Bandung Lautan Api
Gedebage , Bandung, Indonesia
( Kapasitas : 38.000)
Direktur Jendral Bendera Indonesia Glenn Sugita
Manajer Bendera Indonesia Umuh Muchtar
Pelatih Bendera Indonesia Djajang Nurjaman
Liga Liga Super Indonesia
Posisi 2011-12 Peringkat 8
Situs web Situs web resmi klub
Kelompok suporter Viking Persib Club , THE BOMBER (Bobotoh Maung Bandung Bersatu) Ultras

General Profile

Persib Bandung yang sebelumnya bernama Bandoeng Indlandsche Voetbal Bond (BIVB) adalah salah satu klub yang turut membidani kelahiran PSSI di tahun 1930. Mereka juga menjadi salah satu peserta pertama kompetisi tahunan antar kota / perserikatan di tahun 1931. BIVB menghilang, lalu muncullah dua klub yaitu Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB) yang akhirnya bersatu menjadi PERSIB ditanggal 14 Maret 1933.

Tercatat Persib telah 5 kali juara perserikatan yaitu tahun 1937, 1961, 1986, 1990 dan terakhir 1994 sebelum dilebur dengan Galatama. Setelah peleburan tersebut dimulai kompetisi Liga Indonesia, dan Persib menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah kompetisi tersebut.

Saat ini ada dua kompetisi yang bergulir di Indonesia yaitu Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL), dan Persib bergabung dengan ISL dengan klasemen sementara di musim 2013-2014 peringkat ke 4 dari 18 peserta (sampai tulisan ini diturunkan).

Ada lima orang pemain asing ditambah satu orang pemain naturalisasi di Persib, yaitu : Abanda Herman, Naser Al Sebai, Mbida Messi, Hilton Moreira, dan Kenji Adachihara. Sedangkan Sergio Van Dijk adalah pemain asal Belanda yang pindah menjadi WNI di awal tahun 2013. Sebelumnya Van Dijk berlaga bersama Adelaide United di A-League dan sempat menjadi top scorer.

No. Pos. Nama
78 Bendera Indonesia GK I Made Wirawan
55 Bendera Indonesia GK Cecep Supriatna
30 Bendera Indonesia GK Rizky Bagja
12 Bendera Indonesia GK Shahar Ginanjar
5 Bendera Indonesia DF Maman Abdurahman
6 Bendera Kamerun DF Abanda Herman
4 Bendera Suriah DF Naser Al Sebai
18 Bendera Indonesia DF Jajang Sukmara
22 Bendera Indonesia DF Supardi Nasir
3 Bendera Indonesia DF Aang Suparman
16 Bendera Indonesia DF Tony Sucipto
13 Bendera Indonesia DF Muhammad Agung Pribadi
No. Pos. Nama
24 Bendera Indonesia MF Hariono
66 Bendera Indonesia MF Asri Akbar
7 Bendera Indonesia MF Atep
80 Bendera Kamerun MF Georges Parfait Mbida Messi
23 Bendera Indonesia MF Muhammad Ridwan
15 Bendera Indonesia MF Firman Utina
8 Bendera Brasil FW Hilton Moreira
11 Bendera Jepang FW Kenji Adachihara
9 Bendera Indonesia FW Airlangga Sucipto
69 Bendera Indonesia FW Sigit Hermawan
10 Bendera Indonesia FW Sergio van Dijk

Goalkeeper :

I Made Wirawan

Ada tiga kiper Persib saat ini yaitu I Made Wirawan, pemain asal Bali yang direkrut dari Persiba Balikpapan di tahun 2012, Cecep Supriatna yang telah masuk Persib sejak tahun 1994, dan Shahar Ginanjar.

Defender :

Abanda Herman

Persib terkenal sebagai tim yang sering memainkan 3 center back dan ada 3 back tangguh yaitu Abanda Herman dari Kamerun, Maman Abdurahman, serta Naser Al Sebai dari Suriah. Mereka dilapis oleh pemain muda yang sedang menanjak yaitu Aang Suparman. Di sektor bek sayap juga ada pemain berkualitas yaitu Jajang Sukmara.

Midfielder :

Atep

Persib banyak mempunyai pemain tengah tangguh yang menjadi langganan tim nasional seperti : Firman Utina, Hariono, M. Ridwan, Atep, Supardi & ToniSucipto dll. Mereka masih ditopang oleh pemain tangguh asal Kamerun Mbida Messi.

Forward :

Sergio Van Dijk

Dua nama yang menjadi momok menakutkan bagi pemain bertahan lawan adalah Sergio Van Dijk dan Hilton Moreira. Sergio adalah pemain naturalisasi asal Belanda yang sebelumnya bermain untuk Adelaide United, dan sekarang Sergio menjadi andalan tim nasional Indonesia. Hilton sebelumnya pernah memperkuat Persib dari tahun 2008-2011 lalu pindah ke Sriwijaya FC sebelum akhirnya kembali menjadi pemain favorit fans di Bandung. Mereka masih ditunjang oleh penyerang lainnya yang tak kalah ganas yaitu pemain Jepang Kenji Adachihara serta Airlangga.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Persib_Bandung