Nama lengkap Sriwijaya Football Club
Palembang
Julukan Laskar Sriwijaya
Laskar Wong Kito
Didirikan 1976 sebagai Persijatim Jakarta Timur
Stadion Stadion Gelora Sriwijaya ,
Palembang ,
Sumatera Selatan , Indonesia
( Kapasitas : 40.000)
Ketua Umum Bendera Indonesia Alex Noerdin
Sekretaris Bendera Indonesia Drs. H. Agus Suyanto, MM
Bendahara Bendera Indonesia H. Musyrif Suwardi
Manajer Bendera Indonesia Robert Heri
Pelatih Bendera Indonesia Kas Hartadi
Asisten Pelatih Bendera Indonesia Hartono Ruslan
Liga Liga Super Indonesia
Posisi 2008-09 Liga Super Indonesia ,
Peringkat 5

Sriwijaya Football Club (disingkat Sriwijaya FC) adalah sebuah klub sepak bolaIndonesia yang bermarkas di Palembang. Tim berjuluk Laskar Sriwijaya ini merupakan tim yang dimiliki oleh PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM) setelah terjadi penjualan opsi kepemilikan dari PemerintahProvinsi Sumatera Selatan.

Presiden Sriwijaya saat ini adalah Doddy Alex Reza yang merupakan putra dari gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Tim berkostum merah kuning bermotif songket ini memiliki dua kelompok suporter, S-Mania (Sriwijaya Mania) dan Singa Mania (Sriwijaya Palembang mania) yang kemudian digabung menjadi Sumselmania(Sumatera Selatan mania). Sriwijaya FC adalah juara Divisi Utama Liga Indonesia 2007.

Walaupun mewakili provinsi Sumatera Selatan, Sriwijaya FC didirikan di Jakarta dengan nama Persijatim Jakarta Timur pada tahun 1976. Karena alasan finansial, klub ini sempat pindah ke Solo dan menjadi Persijatim Solo FC pada tahun 2002 hingga 2004. Setelah itu klub ini dibeli oleh pemerintah provinsi Sumatera Selatan dan diganti namanya menjadi Sriwijaya FC Palembang.

Prestasi yang pernah diraih Sriwijaya FC adalah Juara Liga Indonesia tahun 2007 dan Juara Liga Super Indonesia 2011-12. Tim ini juga berisi banyak pemain timnas seperti kiper Ferry Rotinsulu, Mahyadi Panggabean, Ponaryo Astaman, dan pemain naturalisasi dari Belanda yaitu Diego Michels. Sedangkan pemain asing yang hadir adalah Lee Dong Won dari Korea, Erick Weeks Lewis dan Boakay Eddie Foday dari Liberia, Herman Dzumafo Epandi dari Kamerun.

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
12 Bendera Indonesia GK Ferry Rotinsulu
24 Bendera Indonesia DF Mahyadi Panggabean
28 Bendera Indonesia DF Abdul Rahman Sulaeman
35 Bendera Korea Selatan DF Lee Dong-Won
23 Bendera Indonesia DF Fandy Mochtar
13 Bendera Indonesia DF Achmad Jufriyanto
11 Bendera Indonesia MF Ponaryo Astaman Kapten
50 Bendera Liberia FW Erick Weeks Lewis
99 Bendera Kamerun FW Herman Dzumafo Epandi
10 Bendera Indonesia FW Tantan
40 Bendera Liberia FW Boakay Eddie Foday
No. Pos. Nama}
33 Bendera Indonesia GK Rivki Deython Mokodompit
4 Bendera Indonesia DF Dodok Anang Zuanto
7 Bendera Indonesia MF Rizky Ramdani Lestaluhu
2 Bendera Indonesia DF Muhammad Shobran
31 Bendera Timor Leste DF Diogo Rangel Santos
94 Bendera Indonesia DF Diego Michiels
16 Bendera Indonesia GK Andi Irawan
20 Bendera Indonesia MF Khoirul Huda
27 Bendera Indonesia MF Lintang Trisno Saputro

Goalkeeper :

Ferry Rotinsulu

Ferry Rotinsulu adalah salah satu dari dua kiper terbaik Indonesia andalan timnas, bersama Kurnia Meiga dari Arema Indonesia. Cadangan Ferry di Sriwijaya adalah Rivki Deython Mokodompit serta Andi Irawan.

Defender :

Diego Michels

Mahyadi Panggabean telah menjadi langganan timnas sejak tahun 2004 sampai saat ini. Dia adalah roh tim Sriwijaya yang sering memompa semangat pemain lain. Di belakang, Mahyadi juga didukung oleh pemain timnas naturalisasi asal Belanda yaitu Diego Michels, Abdul Rahman dan pemain asal Korea Lee Dong Won.

Midfielder :

Ponaryo Astaman

Selain Mahyadi Panggabean, kapten Ponaryo Astaman juga merupakan pemain paling penting di Sriwijaya yang kehadirannya membuat pemain lain tenang. Duetnya dengan gelandang bertahan Ahmad Jufrianto sering menjadi kunci dalam mematikan pergerakan pemain lawan. Pemain lain yang mengisi posisi midfielder adalah Khoirul Huda serta Rizky Ramdani Lestaluhu.

Forward :

Herman Dzumafo Epandi

Duet dari Liberia yaitu Erick Weeks Lewis dan Boakay Eddie Foday menjadi andalan Sriwijaya FC, tapi kehadiran Herman Dzumafo Epandi yang ditukar oleh Persib Bandung dengan Hilton Moreira turut menambah ketajaman tim.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Sriwijaya_FC